Kamis, 04 Agustus 2011

Perbedaan Prosesor Intel Core i5 dan Intel Core i7



Nah biar Anda tidak bingung, berikut ini adalah perbedaan antara prosesor Intel Intel Core i5 dan Intel Core i7.


Pertama, seperti kita ketahui Intel Core i5 merupakan versi ‘hemat’ dari Intel Core i7. Perbedaan nyata dari Intel Core i5 dan Intel Core i7 adalah chipset dan socket. Intel Core i5 menggunakan socket LGA1156 dengan chipset P55 (dan bahkan H55, H57 atau Q57), sedangkan Intel Core i7 umumnya menggunakan socket LGA1366 dan chipset X58, ini tentu saja berpengaruh terhadap perbedaan kinerja dari kedua jenis prosesor tersebut. Intel Core i5 tersedia dengan harga yang lebih murah tapi dengan kinerja yang jauh dibawah Intel Core i7.
Perbedaan kedua adalah dari fitur Turbo Mode, dimana Prosesor Intel Core i7 telah dilengkapi dengan fitur Turbo Mode yang memungkinkan Prosesor Intel Core i7 melakukan overclock sendiri. Misalnya kecepatan original Intel Core i7 adalah 3.2Ghz, saat Anda memainkan game yang membutuhkan kinerja ekstra, maka prosesor Intel Core i7 akan secara otomatis mengoverclok kecepatan ke level 3.46Ghz.
Ketiga, Prosesor Intel Core i7 umumnya menggunakan memori DDR3 Triple Channel (meski ada juga yang memakai dual channel), berbeda dengan Intel Core i5 yang memakai memori dual channel, ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dari laptop Anda.
Perbedaan nyata keempat adalah dari fitur Hyper Threading, Intel Core i7 memiliki quad core bahkan di Windows terbaca sebagai eight core, sehingga kemampuan untuk melakukan operasi multi threading tak usah diragukan lagi, berbeda dengan Intel Core i5 yang bahkan ada yang tidak dilengkapi fitur ini.
Kesimpulannya, jika Anda menginginkan sebuah kinerja prosesor yang high end, mampu melakukan operasi multi threading maka pilihlah Intel Core i7 namun tentu harganya lebih mahal dibandingkan dengan Intel Core i5.



Bagaimana dengan Prosesor Intel Core i3? Prosesor jenis ini merupakan prosesor kelas Low end dibandingkan dengan Intel Core i5 dan Intel Core i7. Pada dasarnya Prosesor Intel Core i3 hampir mirip dengan prosesor Intel Core 2 Duo, hanya saja prosesor Intel Core i3 telah dilengkapi kemampuan yang dimiliki prosesor Seri Intel i7 atau i5 kecuali untuk fitur Turbo Boost.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar