Kamis, 07 April 2011

Desain Stempel Dengan CorelDraw

Membuat Stempel dengan menggunakan CorelDraw Grapic Suite X3
Pelajaran dasar dari pembuatan stempel seperti membuat tulisan dengan bentuk kotak, oval mapun bulat.Langkah - langkahnya sebagai berikut :
1. Buka aplikasi CorelDraw Grapic Suite X32. Pilih New Seperti Pada Gambar Berikut :


3. Pilih Tanda bulat (Ellipse Tool) atau bisa dengan menekan tombol F7 jika dalam setingan command default.
4. Lalu Buat Bulat, dan ketebalan graris luar standara stempel adalah 1.5px, seperti pada gambar berikut :6. Ubahlah ukuran ke dalam centi meter atau milimeter, dengan klik tanda panah(Pick tool)

dan lalu klik sembarang didalam page tanpa mengenai objek gambar dan ubah, saya menyarankan ubah ke milimeter :



5. Ukuran Stempel standar aadalah 4 x 4 cm = 40mm x 40mm, untuk menentukan ukuran gambar klik gambar dan ubah ukurannya menjadi 40x40mm seperi berikut :


6. Setelah itu buat Bulat Baru Ditengah Bulat pertama dan atur ketebalan garisnya 1 px juga tak lupa atur ukuran bulat menjadi 38mm x 38mm.

7. kemudian setelah Itu, Sama bikin bulat ditengah bulat kedua dengan ktebalan 1 px juga, dan baut ukurannya adalah 28mm x 28mm.

8. Bikin Kotak dengan ketebalan garis 1 px, ukuran standar ke bawah 5mm

9. lalu klik Kotaknya dan tekan shift (jangan dilepas) dan klik lingkaran di tengah, lalu lepas tombol shiftnya dan klik tombol e keyboard kamu dan klik juga tombol c keyboard kamu maka kotak tersebut akan pindah ke tengah-tengah.
10. Setelah itu klik kotak yang berada di tengah lingkaran tersebut dan pilih pada menu effects (Alt+e) dan pilih Place Inside Container.... pada Power Clip,

lalu klik lingkaran paling tengah



11. Setelah itu anda siap mengisi dengan kata yang anda inginkan, saya contohkan :

* Kata Lingkaran Atas dengan "TUTORIAL GRAPHIC DESIGN"
lankahnya adalah Ketk Kata dengan Pilih Text Tool (F8), klik sembarang dan ketiklah kata yang anda inginkan ataupun kata yang saya rekomendasikan

dan setelah itu pilih menu Text (Alt+t) lalu pilih Fit text to path dan arahkan pada lingkaran kedua atas, pastikan ada tanda garis vertikal merah muncul dan itu menandakan bahwa text tepat berada ditengah tengah.

* Kata Ditengan Untuk Kotak "STEMPEL"
Seperti langkah diatas anda ketik kata yang anda inginkan, dan klik pada Text yang anda ketik atau kata STEMPEL yang saya anjurkan, lalu tekan tombol Shift dan Tahan selanjutnya pilih atau Klick lingkaran tengah dan lepas, Selanjutnya Tekan Tombol e dan tekan Tombol c seperti yang telah saya jelaskan diatas. Maka text Stempel akan pindah ke tengah-tengah lingkaran.

* Kata Lingkaran Bawah " CORELDRAW X3"
Setelah anda ketikkan kata ini lalu pilih Fit text to path, dan seperti tadi pastikan kata CORELDRAW X3 berada ditengah lingkaran dengan mempunyai tanda Garis merah Vertikal. Karena Kata yang ini terbaik maka anda klik Mirror Horizontally yang berada pada toolbar atas



klik Mirror Vertically yang berada pada toolbar atas, Disebelahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar