Kamis, 01 Desember 2011

Manusia yg Paling Berat Ujiannya (Nabi Sulaiman)



Di antara sekian anak manusia yang paling berat ujiannya ada di kalangan para nabi, dan diantara sekian banyak nabi dan rasul yang paling berat ujiannya adalah nabi Sulaiman a.s. dan nabi Ayub a.s.

Nabi Sualaiman adalah salah satu diantara sekian banyak nabi yang diberi mukjizat yang memang fenomenal untuk ukuran manusia dan di antara para nabi, oleh Allah mukjizat tersebut hanya diberikan kepada nabi Sulaiman a.s. Namun di samping sebagai mukjizat yang diberikan oleh Allah SWt, juga itu merupakan sebuah ujian yang sangat besar bagi nabi Sulaiman untuk ukuran manusia dan para nabi.

1. Nabi sulaiman adalah seorang raja yang memiliki kekuasaan wilayah teritorial dan wilayah tertentu lengkap degan segala infrastruktur sebagaimana halnya seorang raja yang menguasai wilayah tertentu. Dapat dibayangkan mungkin bagi seukuran manusia biasa kalau diberi kekuasaan sebagai wakil rakyat saja sombongnya udah ga kepalang tanggung. Tapi lain bagi Nabi Sulaiman, walaupun mempunyai kekuasaan dan jabatan tertinggi sebagai raja dan penguasa tidak menjadikan Nabi Sulaiman lupa kepada Allah SWT. Nabi Sulaiman sebagai seorang nabi walaupun dengan kekuasaannya yang mutlak dan absolut sebagai raja, tetapi tetap ta'at beribadah kepada Allah dan bersikap sederhana dan adil dalam menjalankah roda pemerintahannya.

2. Nabi Sulaiman yang seorang raja tentunya memiliki kekayaan yang melimpah. Saking kaya dan melimpahnya kekayaan Nabi Sulaiman menjadikan orang dijaman sekarang merasa penasaran untuk menelusuri jejak-jejakdari situs kerajaan Nabi Sulaiman dan mencari harta kekayaan peninggalan Nabi Sulaiman. Walaupun memiliki kekayaan yang sangat melimpah tidak menjadikan Nabi Sulaiman lupa diri. Nabi Sulaiman tetap sederhana dalam kehidupan sehari-harinya dan menggunakan kekayaan itu di jalan Allah, tidak untuk berfoya-foya. Padahal kalau untuk ukuran manusia sekarang punya kekayaan yang masih bisa dihitung saja sombongnya minta ampun, hampir menyamai si Qarun. Jadi jangan coba-coba mau sombong klo punya harta masih bisa dihitung dengan ilmu matematika dan bisa menghidupi cuma sampai 7 turunan.

3. Nabi Sulaiman juga mampu berkomunikasi dengan bangsa Jin, dengan semua hewan dan bisa mengendalikan angin. Suatu hal yang sangat mustahil bisa dilakukan oleh manusia manapun di dunia ini. Nabi sulaiman memanfaatkan bangsa jin sebagai salah satu pasukan kerajaannya, tidak perlu BIN ataupun intel atau paspampres. Dengan kekuatan bangsa Jin, Nabi Sulaiman bisa melaksanakan urusan kenegaraan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, minim biaya dan anggaran serta efesien dari segi waktu. Contohnya waktu berkomunikasi dengan Ratu Bilqis, demi urusan dakwah untuk menaklukan Ratu bilqis maka dikerahkanlah salah satu kekuatan mukjizat Nabi Sulaiman yaitu dengan cara Nabi Sulaiman memerintahkan salah satu Jin untuk memindahkan singgasana Kerajaan Ratu Bilqis ke Istana Nabi Sulaiman dalam waktu sekedipan mata ketika mata itu belum berkedip. Dengan kemampuannya bisa berkomunikasi dengan hewan menjadikan salah satu pasukan kerajaannya adalah bangsa hewan, selain itu Nabi Sulaiman juga memperlakukan hewan sebagaimana mestinya bahwa itu adalah makhluk Allah SWT. Untuk urusan transportasi Nabi Sulaiman bisa mengendalikan angin, sehingga kemana-mana bisa dilakukan secepat kilat, tanpa perlu pesawat jet pribadi concorde atau pesawat jet tempur F-117 stealth. 

Orang menganggap bahwa harta adalah hanya karunia belaka, padahal sebetulnya itu adalah salah satu ujian yang diberikan Allah SWt kepada makhluknya. Bagi orang yang bertaqwa harta adalah salah satu bentuk ujian, 
tapi bagi mereka yang tidak bertaqwa, harta hanya sebatas karunia yang harus dinikmati seenak perutnya, bahkan sebagai berhala yang menjadikan mereka lupa akan kebesaran Allah SWT.


Dengan semua kelebihan yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman tersebut dianggapnya sebagai ujian yang maha berat, seorang anak manusia yang berpredikat Nabi dengan segudang kelebihan duniawi ternyata masih bisa bersyukur kepada Allah dan sukses menjadi salah satu hamba Allah yang sholeh. Kalau kita renungkan manusia zaman sekarang bisa kita lihat dan bayangkan, hanya dengan sesuatu yang dimiliki yang tidak seberapa dengan Nabi Sulaiman tapi masih berani ingkar kepada Allah SWT, bahkan berani menyombongkan diri dengan apa yang dimilikinya yang tidak seberapa. 

Untuk itulah saya tidak habis pikir dengan semua pemikiran mereka yang mengangung-agungkan jabatan, materi dan kekuatan dunia yang tidak seberapa dibanding dengan Nabi Sulaiman yang memiliki semua kebutuhan dunia atas seizin Allah SWT. Bagi orang-orang yang kaya dan merasa sok kaya dengan harta, jabatan dan kekuatan lainnya yang kalian miliki, berkacalah kepada Nabi Sulaiman, ingat bahwa kita ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Nabi Sulaiman, apalagi dengan Allah SWt yang Maha Memiliki segalanya. Mari kita bermuhasabah dan menjadikan sosok Nabi SUlaiman sebagai ibrah, orang biasa yang diberi predikat Nabi dan memiliki keistimewaan dunia yang sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar