Kamis, 21 April 2011

Asteroid Berkekuatan 15 Bom Atom Lewati Bumi


Penampakan asteroid yang berkelap-kelip membuat para pengamat tertarik.
asteroid (Corbis)
 

Sebuah asteroid berukuran 50 meter dengan kekuatan 15 kali dari bom atom, diperkirakan melintasi dekat bumi pada Senin, 18 April 2011 malam. Ketika ditemukan sejumlah astronom amatir di seluruh dunia, asteriod 2011 GP59 tersebut berada pada jarak 10 kali dibanding jarak Bumi dengan Bulan.

Penampakan asteroid yang berkelap-kelip membuat para pengamat tertarik. Ternyata, diketahui bahwa asteroid berbentuk seperti cerutu ini berputar dari ujung ke ujung secara cepat.

GP59, kata Yeomans, diperkirakan memiliki ukuran panjang 50 meter dan periode rotasinya mencapai sekitar 7,5 menit. “Ini membuat tingkat kecerahan objek itu berubah setiap sekitar 4 menit,” kata Don Yeomans, Manager of Near-Earth Object Program Office, NASA.

Meski ukuran 50 meter terdengar kecil, akan tetapi ukuran itu 5 kali lebih besar dibandingkan dengan asteroid yang meledak 15 kilometer di atas Indonesia, pada Oktober 2009 lalu. 

Beruntung asteriod yang memiliki kekuatan ledakan 15 kali bom atom itu tidak memasuki atmosfir bumi.

Seperti yang terlihat dalam video-nya, sebuah asteriod terlihat melintasi di angkasa dengan kecepatan yang kencang.

Asteroid yang diperkirakan melintasi di dekat bumi ini, tampak mengerlipkan sinar sepanjang jalur orbitnya. Kerlip sinar terlihat jelas diantara gugusan bintang lainnya yang juga memancarkan cahayanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar